Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Maag Kronis

Senin 23-09-2024,09:32 WIB
Reporter : Fiya
Editor : Reno

6. Dada Ayam Tanpa Kulit

Protein dari ayam, khususnya bagian dada tanpa kulit, merupakan pilihan yang aman bagi penderita maag kronis. Dada ayam rendah lemak sehingga tidak memicu produksi asam lambung. Olah ayam dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang untuk menghindari iritasi lambung.

7. Roti Gandum

Roti gandum utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik bagi penderita maag. Karbohidrat dalam roti gandum dapat membantu menyerap kelebihan asam lambung, mencegah refluks, dan memberi energi tanpa memperburuk kondisi lambung.

BACA JUGA:Penemuan Tujuh Jenazah ABG di Kali Bekasi, Begini Penjelasan Polisi

8. Kentang Rebus

Kentang kaya akan serat dan pati yang bisa membantu melapisi dinding lambung, memberikan perlindungan terhadap iritasi. Kentang rebus merupakan pilihan yang aman dan menyehatkan untuk penderita maag. Hindari mengonsumsi kentang goreng karena minyak dapat memperburuk kondisi lambung.

9. Tahu dan Tempe

Kedua makanan berbahan dasar kedelai ini merupakan sumber protein nabati yang baik untuk pencernaan. Tahu dan tempe tidak bersifat asam dan aman dikonsumsi oleh penderita maag kronis. Olah dengan cara dikukus atau direbus untuk hasil yang lebih baik.

10. Buah Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Buah ini juga memiliki efek menenangkan pada lambung, sehingga bisa membantu meredakan gejala maag. Pepaya sangat direkomendasikan untuk penderita maag kronis karena mudah dicerna dan tidak memicu produksi asam lambung berlebih.

BACA JUGA:Zeekr 7X, SUV Listrik dengan Sederet Fitur Mewah, Segini Harganya

Makanan yang Harus Dihindari

Selain mengetahui makanan yang aman, penderita maag kronis juga perlu menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi lambung. Beberapa di antaranya:

- Makanan pedas dan asam: Seperti cabai, saus tomat, jeruk, dan lemon, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

- Makanan berlemak tinggi: Seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan berminyak lainnya.

Kategori :