Ini Hal yang Harus Dihindari Ibu Diawal Kehamilan

Minggu 20-10-2024,17:18 WIB
Reporter : Opan
Editor : Dodi

HARIANMUBA.COM - Ibu hamil di trimester pertama harus benar-benar menjaga kesehatan dan keselamatan janinnya.

Karena pada trimester 1 itu merupakan fase penting saat janin mulai berkembang. Ibu hamil perlu mengetahui hal yang harus dihindari pada trimester 1.

Hamil bukan berarti makan untuk dua orang, namun ibu hamil tetap membutuhkan lebih banyak kalori dan nutrisi selama kehamilannya tanpa perlu menggandakan asupan.

JoLyn Seitz, M.D., seorang dokter kandungan dan ginekolog di Sanford Health menjelaskan bahwa daripada kuantitas, ibu hamil sebaiknya fokus pada kualitas makanan. 

BACA JUGA:Trik Aman Tinggalkan Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

BACA JUGA:Tol Lingkar Pekanbaru Terus Dilanjutkan, Progres Sudah Capai 30 Persen

"Isi tubuh Anda dengan makanan sehat. Jika memungkinkan, pilih makanan organik dan makanlah dari sumber makanan lokal jika memungkinkan. Ini membatasi paparan Anda terhadap pestisida," jelas Seitz dilansir laman Sanford Health.

Setelah dokter memastikan kehamilan, ibu hamil kemungkinan akan disarankan mengonsumsi vitamin prenatal. Vitamin ini dirancang untuk memenuhi rekomendasi asupan asam folat.

Hal yang harus dihindari ibu hamil pada trimester 1

Seitz mengatakan, ketika hamil maka dimulai tugas Bunda sebagai orang tua. Meskipun ibu hamil tidak dapat melindungi diri dari setiap komplikasi namun masih dapat mengikuti kiat-kiat bermanfaat untuk menjalani trimester pertama yang sehat dan bahagia.

BACA JUGA:Sah, Prabowo - Gibran Resmi jadi Presiden dan Wakil Presiden RI

BACA JUGA:Odong-Odong, Hiburan Favorit Anak-Anak Sanga Desa di Sore Hari

Ada beberapa hal yang harus ibu hamil hindari di trimester 1:

1. Tidak merokok

Apabila ibu hamil merupakan perokok aktif, saat inilah waktu terbaik untuk berhenti. Stop merokok akan meningkatkan kesehatan ibu hamil dan melindungi kesehatan bayi. 

Kategori :