4 Desa di Sungai Lilin Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Oleh PMD

4 Desa di Sungai Lilin Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Oleh PMD

Kegiatan Bimtek do Desa Bukit Jaya--

SEKAYU, HARIANMUBA.COM,- 4 Desa di Kecamatan Sungai Lilin mengikuti kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemerintah Desa (PMD).

Empat desa tersebut Berlian Makmur, Bumi Kencana, Cinta Damai serta tuan rumah Bukit Jaya. Kegiatan ini berlangsung Kamis 23 Februari 2023.

Kepala Dinas Pemerintah Desa, Musi Banyuasin, H Richard Cahyadi AP MSi, mengatakan, kegiatan Bimtek digelar selama tiga hari hingga tanggal 25 Februari 2023. 

"Studi materi ke peserta pelatihan, Tentang Pemerintah Desa, berdasarkan UU No 6 tahun 2014 tentang pemerintah desa, dan tentang tugas tugas pokok kepala Desa dan wewenang kepala desa," jelasnya 

BACA JUGA:4 Jenis Makanan Pengganti Nasi yang Aman Untuk Penderita Diabetes

BACA JUGA:Bupati Banyuasin Askolani, Buka STQH ke 11

Selain itu, mentaati peraturan perundang undangan yang berlaku, dan yang terutama Dasar Hukum UU No6/2014 Tentang Desa, Permendesa PDTT No 23/2017 Tentang Pengembangan dan penetapan TTG dalam pengelolaan SDA Desa.

"Intinya dari kegiatan tersebut wewenang Kepala Desa dan manfaatkan teknologi tepat guna, tentang prioritas program kegiatan di dalam pembangunan dan manfaat TTG untuk pengajuan ekonomi, pelaksanaan pembangunan desa di lakukan dengan manfaat kearifan lokal dan SDA," ungkapnya 

Artinya, melalui bimtek peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa, di harapkan setelah bimtek pemerintah desa dan BPD mampu menetapkan Peraturan Desa tentang bagaimana desa dapat mempunyai Pendapatan Asli Desa (PAD).

"Karena desa sekarang telah diberi kewenangan, dan kewenangan serta menjadi sumber Pendapatan lainnya yang masuk dalam APBDes selain Dana. Desa dan Dana Alokasi Desa," imbuhnya

BACA JUGA:April, Aspal Karet Muba Digarap di Jalan Merdeka Sekayu

BACA JUGA:SMA N 1 Gelar Lomba Fashion Show Baju Muslim, Peringati Isra' Mi'raj

Kegiatan itu juga menghadirkan Nara Sumber Pemberi Materi Dalam pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Dinas PMD, Kejaksaan, Inspektorat, dan pihak Kecamatan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: