Cegah Tabrak Tiang Jembatan, Dishub Muba Dirikan Pos Pandu di Bawah Jembatan Lalan

Cegah Tabrak Tiang Jembatan, Dishub Muba Dirikan Pos Pandu di Bawah Jembatan Lalan

Pos pandu dibawah jembatan lalan--

HARIANMUBA.COM,- Untuk mencegah terjadinya lagi peristiwa penabrakan fender atau tiang jembatan di jembatan P6 Kecamatan Lalan Pemkab Muba melalui Dishub mendirikan Pos Pandu.

Plt Sekretaris Dinas Perhubungan Muba, Ahmad Wendiansah, SSiT mengungkapkan keberadaan pos tersebut sebagau pelayanan diwilayah perairan sungai.

"Kalau soal aturan lalulintas kapal di bawah jembatan P.6 di Kecamatan Lalan sudah dibuat dan diterapkan sejak tahun lalu," jelas Ahmad.

Wendi mengungkapkan aturan tersebut berupa Surat Edaran Nomor : B-550/133/DISHUB-III/2022 tentang pengaturan berlalulintas di bawah jembatan P 6 Kecamatan Lalan, sebagai upaya menjaga aset daerah.

BACA JUGA:Bupati Muba Keluarkan 6 Poin Surat Edaran Soal THR 2023. Ini Isinya

BACA JUGA:Mau Healing! 3 Destinasi Wisata Murah Meriah di Bogor Ini Wajib Dikunjungi

"Isinya antara lain ketinggian muatan kapal yang boleh melintas maksimal 8 meter, dihitung dari muka air tertinggi. Nah masa ramadan hingga lebaran kita makin intensifkan pengawalan kapal. Yang pasti mengatur lalu lintas, menerima permintaan kapal mau melintas dan memandu kapal," terangnya. 

Selain mengatur lalulintas air di jembatan P6, Pemkab Muba memang menjaga jembatan P6 sebagai aset penting Muba dan sangat vital bagi akses masyarakat yang menghubungkan Kecamatan Lalan dengan daratan Muba dan ke Jalan Nasional di Kecamatan Sungai Lilin.

"Terus terang benerapa kali terjadi masalah dengan jembatan P6. Yang fendernya (pengaman jembatan) ditabrak kapal tongkang, baik perusahaan tongkang batu bara maupun perusahaan yang mengangkut kayu. Tentu kita tak ingin ada kejadian lagi apalagi si saat puasa hingga lebaran," tandasnya.

Wendi juga mengungkapkan Pemkab Muba mendirikan pos terpadu di Lais, Sekayu, Sungai Lilin, Sanga Desa dan Bayung Lencir. 

BACA JUGA:Parkir Sholat Subuh, 2 Motor Jemaah Masjid di Lubuk Linggau Digondol Maling

BACA JUGA:Resmi! Pemerintah Buka Lowongan CPNS di 6 Instansi Untuk Lulusan SMA Sederajat

"Kita sudah tentukan titik posko terpadu. Besok (Kamis) kami ikut zoom meet Polda Sumsel dan Jajaran di Polres Muba untuk koordinasi dan memastikan pelayanan lalu lintas bagi pemudik lebaran yang melintasi wilayah Sumsel khususnya di jalur keluar-masuk Muba," terang Wendi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: