Perusahaan Asal Qatar Garap Dua Lapangan Minyak di Provinsi Jambi

Perusahaan Asal Qatar Garap Dua Lapangan Minyak di Provinsi Jambi

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM,- Perusahaan Asal Qatar Garap Dua Lapangan Minyak di Provinsi Jambi.

MontD’Or Oil Tungkal Limited (MOTL) adalah perusahaannasal Qatar yang saat ini menggarap dua lapangan minyak di Provinsi Jambi.

MontD’Or Oil Tungkal Limited ditetapkan sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) eksisting Wilayah Kerja (WK) Tungkal PSC dalam bentuk kontrak Bagi Hasil atau Gross Split.

Perpanjangan kontrak WK Tungkal PSC efektif sejak Agustus 2022 jangka waktu 20 tahun hingga 2042. 

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Calon Provinsi Sumsel Barat, Wilayah Hingga Rencana Lokasi Ibukota

BACA JUGA:Sebelum Disembelih, Sapi Kurban di Rejang Lebong Sempat 'Jajan' ke Indomaret

WK Tungkal 31 tahun lalu pertama kali sempat digarap oleh perusahaan Amerika Asamera Oil, kemudian Asamera Oil berganti nama menjadi Gulf Resources pada tahun 1997.

KKKS MontD'Or Oil Tungkal Ltd saat ini mengoperasikan dua lapangan minyak di WK Tungkal PSC yaitu Lapangan Pematang Lantih dan Lapangan Mengoepeh yang telah menghasilkan rata-rata produksi minyak sebesar 745 BOPD (barel minyak per hari).

Menurut data dari situs resmi Kementerian ESDM, perkiraan nilai investasi MontD’Or Oil Tungkal Limited dari pelaksanaan KKP 5 tahun pertama di Provinsi Jambi sebesar USD 13.237.000 atau setara Rp199.17 Miliar dan Bonus Tanda Tangan sebesar USD 2.450.000 setara Rp36.86 Miliar, nilai kurs Rp15.047 per dollar.

Meski efektif mulai operasional di WK Tungkal PSC Agustus 2022, penandatanganan Kontrak Bagi Hasil Gross Split Migas KKKS MontD'Or Oil Tungkal Ltd telah dilakukan sejak 2018 di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (29/11).

BACA JUGA:Warga OKU Timur Ditemukan Tergantung, Motif Masih Diselidiki

BACA JUGA:Peluang Buat Lulusan S1 dan S2, Loker Bank BCA Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan Anggono Mahendrawan saat itu mengatakan, melalui perpanjangan WK Tungkal ini, MontD'Or Oil Tungkal Ltddiharapkan bisa memberi kontribusi untuk mencapai produksi dan lifting migas nasional.

“Tiga puluh tahun telah berlalu dan kini tonggak pengelolaan WK Tungkal hingga 20 tahun mendatang telah diperpanjang melalui kontrak gross split. Semoga MontD'Or dapat terus melakukan berbagai inovasi untuk menjaga stabilitas produksi minyak nasional,” kata Anggono, dikutip dari siaran pers SKK Migas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: