Siswa SMP Negeri 3 Sanga Desa Bikin 'Pedeh', Angkat Kearifan Lokal Pada P5 Kurikulum Merdeka

Siswa SMP Negeri 3 Sanga Desa Bikin 'Pedeh', Angkat Kearifan Lokal Pada P5 Kurikulum Merdeka

Siswa SMP Negeri 3 Sanga Desa bikin Pedeh--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM - Suasana berbeda menghiasi kegiatan belajar mengajar di Kelas VII SMP Negeri 3 Sanga Desa selama dua hari terakhir.

 

Puluhan siswa secara berkelompok tampak sibuk membuat sesuatu dengan diawasi oleh guru.

 

Rupanya, mereka tengah melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka Belajar.

 

Kali ini, projek yang dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 3 Sanga Desa, ialah membuat kuliner khas Kabupaten Musi Banyuasin yakni 'Pedeh'.

BACA JUGA:Entaskan Kemiskinan di Kabupaten Musi Banyuasin, Berikut 7 Jurus Jitu Pj H Bupati Apriyadi

Pedeh sendiri merupakan ikan yang difermentasi dengan menggunakan nasi kering yang sudah disangrai dengan diberi berbagai macam bumbu seperti garam dan gula.

 

Kepala SMP Negeri 3 Sanga Desa Puji Santoso SPd MPd melalui Guru Pelajaran, April Susilawati SPd MPd menerangkan bahwa kegiatan P5 dilaksanakan oleh tim projek bersama peserta didik.

 

"Projek diambil dari karakteristik sekolah, karena domisili para peserta didik rata-rata dekat dengan Sungai Musi yang memiliki sumber daya ikan, maka tema yang diambil pada P5 yaitu kearifan lokal dengan topik pembuatan ikan fermentasi khas Kabupaten Musi Banyuasin yaitu Pedeh. Tujuan kegiatan pada P5 ini agar peserta didik dapat memahami dimensi profil pelajar Pancasila, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Selain itu melatih mereka bergotong royong, berkebhinekaan global, kreatif, dan bernalar kritis," terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: