Kurikulum Merdeka Resmi Diberlakukan untuk Seluruh Sekolah di Indonesia

Kurikulum Merdeka Resmi Diberlakukan untuk Seluruh Sekolah di Indonesia

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM - Resmi, kurikulum merdeka diberlakukan untuk seluruh sekolah di Indonesia pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar (SD) dan pendidikan sekolah menengah (SMP).

Pemberlakukan resmi, ini tertuang di dalam Peraturan Menteri pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 12 tahun 2024. 

Dikatakan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud ristek, Anindito Aditomo, kurikulum merdeka diresmikan untuk sekolah seluruh Indonesia.

Guna meningkatkan kualitas pendidikan tanpa pandang kondisi perekonomian siswa dan orang tua, fisik dan mental.

BACA JUGA:Perusahaan Gas Negara Buka Lowongan Kerja 7 Posisi Ini Syaratnya

BACA JUGA:Perbaikan Tol Kayuagung Palembang Ditargetkan Selesai H-7, Begini Perkembangannya

Kurikulum mereka juga diharapkan bisa mendukung guru sebagai peta dalam memberikan pembelajaran sesuai konteks murid dan sekolah.

"Memaksakan yang tidak sesuai konteks dan kondisinya, ini yang kita hentikan di Kurikulum Merdeka," ungkap Anindito.

Ini diungkapkan dalam konferensi pers kurikulum untuk jenjang PAUD, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta pada hari Rabu 27 Maret 2024. 

Kurikulum Merdeka

BACA JUGA:Siap Sambut Pemudik, Inilah 11 Titik SPBU di Jalur Tol Trans Sumatera Lampung - Palembang

BACA JUGA:Bikin Haus Berlebih, 5 Jenis Makanan Ini Perlu Dihindari Ketika Sahur

Berdasarkan Permendikbudristek No 12 Tahun 2024, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum jenjang PAUD, pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang memberi fleksibilitas dan berfokus pada materi esensial untuk mengembangkan kompetensi siswa sebagai pelajar sepanjang hayat berkarakter Pancasila.

Kurikulum merdeka meliputi kerangka dasar dan struktur kurikulum. Struktur kurikulum meliputi intrakurikuler dan kokurikuler. Kegiatan kokurikuler minimal berupa proyek pemungutan profil Pancasila. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: