Jadi Wajah IKN, Tol Balikpapan-Samarinda Akan Tampil Beda Dari Tol Lain di Indonesia

Jadi Wajah IKN, Tol Balikpapan-Samarinda Akan Tampil Beda Dari Tol Lain di Indonesia

Tol Balikpapan Samarinda--

"Dengan konsep yang diusung IKN, kami tekankan kerapian, kebersihan, beuatifikasi, penghijauan, lereng-lereng tol yang kering diurus juga, termasuk pohon-pohon di rest area," kata Johny P. Kusumo.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peningkatan kualitas layanan jalan tol akan berdampak terhadap kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan tol.

BACA JUGA:Pimpin Rakor FORSESDASI Sumsel, Apriyadi Sampaikan Hal Ini

BACA JUGA:Pemkab Muba Mendukung Zona Integritas WBBM Polres Muba

“Kami meyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest area-nya,” kata Menteri Basuki.

Ruas tol dan rest area merupakan sebuah kesatuan pelayanan yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna jalan tol.

Ada tiga aspek penilaian jalan tol berkelanjutan yaitu fungsi utama jalan tol, fungsi pendukung di rest area, serta fungsi pelengkap di rest area.

Fungsi utama jalan tol mencakup aspek kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna ruas jalan tol.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik di 2023, Wajib Punya!

BACA JUGA:Pemdes Berlian Makmur Gelar Rapat Musrenbang , Ini Prioritas Usulan

Fungsi pendukung jalan tol berupa penerapan regulasi tentang tempat istirahat dan pelayanan pada jalan tol yang merujuk pada terpenuhinya indikator standar pelayanan minimal (SPM) rest area, seperti tersedianya toilet, area parkir, SPBU, tempat makan dan minum, mushola, dan sebagainya.

Sedangkan fungsi pelengkap di rest area berupa indikator beyond SPM yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan rest area seperti kebersihan area rest area, manajemen pengelolaan sampah, branding ekonomi lokal melalui UMKM, kerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat, penghijauan.

Direktur Teknik dan Operasi PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda Nanang Siswanto mengatakan sejak beroperasi 2019 lalu, pihaknya selalu berupaya untuk mewujudkan aspek kelancaran, keselamatan dan kenyamanan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal jalan tol.

"Untuk mendukung program penghijauan dalam rangka menciptakan green toll road, telah dilakukan juga penanaman khususnya pada lereng-lereng jalan tol yang tandus, tetapi memang kondisi kemarin musim kemarau dan tanahnya mengandung baru bara, jadi ada beberapa titik yang kering," kata Nanang.

BACA JUGA:Klaim Saldo DANA Rp 100 Ribu Gratis, Pakai Aplikasi Penghasil Saldo DANA Terbaru 25 September 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: