Bukan Gula Ternyata Ini Penyebab Utama Diabetes, Jangan Sampai Salah Kaprah

Bukan Gula Ternyata Ini Penyebab Utama Diabetes, Jangan Sampai Salah Kaprah

Ilustrasi penderita diabetes --

HARIANMUBA.COM- Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu diabetes, namun sebenarnya gula bukan penyebab utama diabetes

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh sistem imun tubuh yang menyerang produksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 memiliki beberapa faktor risiko seperti obesitas, riwayat keluarga, dan pola makan tidak sehat.

Meskipun gula bukan pemicu utama diabetes, konsumsi gula berlebihan tetap berdampak negatif. 

Makanan atau minuman tinggi gula dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. 

BACA JUGA:Mirip Lukisan, Inilah Gambaran Jalan Dengan Pemandangan Indah di Jawa Timur

Oleh karena itu, mengurangi konsumsi gula disarankan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan batas konsumsi gula harian maksimal sebesar 10 persen dari kebutuhan kalori harian. 

Meskipun diabetes tidak hanya dipengaruhi oleh konsumsi gula, mengurangi asupan gula dapat membantu mengurangi risiko diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Mencegah diabetes melibatkan perubahan gaya hidup. Beberapa cara yang dapat dilakukan termasuk mengonsumsi makanan rendah kalori dan lemak, meningkatkan aktivitas fisik, mengurangi berat badan, dan melakukan olahraga secara teratur. 

BACA JUGA:Misa Malam Natal, Personil Polsek Lalan Lakukan Pengamanan di Gereja GPIB Desa Mekar Jaya

Ini bukan hanya untuk mengurangi risiko diabetes tetapi juga untuk menjaga kesehatan umum.

Gula bukanlah penyebab langsung diabetes, tetapi konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, terutama diabetes tipe 2. 

Dengan memahami hubungan ini, kita dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengurangi risiko diabetes melalui perubahan gaya hidup yang sehat. 

Penting untuk selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi individual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: