Jejak Kekuasaan Nusantara, Negara Berikut Ternyata Pernah Tergabung Dengan Indonesia

Jejak Kekuasaan Nusantara, Negara Berikut Ternyata Pernah Tergabung Dengan Indonesia

Peta Kekuasaan Nusantara --

HARIANMUBA.COM- Indonesia memiliki warisan sejarah yang begitu kaya, mencakup tidak hanya pulau-pulau di dalamnya tetapi juga negara-negara tetangga yang pernah menjadi bagian dari kerajaan-kerajaan bersejarah.

Berikut adalah enam negara yang dulunya menjadi satu dengan Indonesia.

1. Filipina

Pada masa Kerajaan Majapahit, Filipina pernah menjadi bagian dari wilayah kekuasaan Indonesia. Penaklukan ini dipercayai terjadi pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. 

Majapahit, dengan cita-cita menjadikan dirinya kerajaan besar, menguasai wilayah yang melibatkan Nusantara, Semenanjung Malaya, hingga Filipina.

2. Singapura (Tumasik)

Singapura, yang dikenal sebagai Temasek atau Kota Laut pada masa lampau, memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan. 

BACA JUGA:Meningkat Hampir 30 Persen, Ini Daftar Jumlah Kendaraan Melintasi Tol Trans Sumatera di Momen Libur Nataru

Berbagai kerajaan seperti Sriwijaya dan Majapahit pernah menguasainya. Posisi strategis Singapura sebagai pusat perdagangan membuatnya berganti-ganti penguasa, termasuk Ayutthaya-Thailand dan Kesultanan Malaka.

3. Timor Timur (Timor Leste)

Timor Timur, yang kini menjadi Timor Leste, pernah dijajah oleh Portugal pada abad ke-16. Indonesia menginvasi Timor Timur pada 1975 dan menyatakan wilayah tersebut sebagai provinsi ke-27. 

Meskipun sempat menjadi bagian Indonesia, Timor Timur kemudian meraih kemerdekaannya setelah referendum pada 1999.

4. Kamboja

Sriwijaya memiliki peran dalam sejarah penaklukan Kamboja. Sriwijaya mencatat kekuasaannya di Kamboja melalui catatan seorang pendeta bernama I Tzing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: