Meningkat 75 Persen Dibandingkan Hari Biasa, Inilah Jumlah Kendaraan Lintasi Tol Trans Sumatera dimomen Mudik

Meningkat 75 Persen Dibandingkan Hari Biasa, Inilah Jumlah Kendaraan Lintasi Tol Trans Sumatera dimomen Mudik

Ilustrasi pemudik di tol trans sumatera--

Hutama Karya mencatat puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran atau pada 06 Apr 2024 dengan 115.064 kendaraan melintas.

Sedangkan puncak arus balik terjadi pada H+4 14 April 2024 dengan jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 163.000 kendaraan.

BACA JUGA:Polisi Himbau Sopir dan Kernet Bus yang Ditabrak Kereta Api di Martapura Menyerahkan Diri

BACA JUGA:Keberadaan Tempat Sampah Ilegal di Sanga Desa Merusak Pemandangan

“Pertumbuhan trafik tertinggi terdapat pada Ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Lima Puluh dengan persentase peningkatan 129 pwrsen dibandingkan dengan VLL Normal," jelasnya.

"Sementara ruas dengan trafik tertinggi yaitu Ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung dengan total VLL sebanyak lebih dari 411.000 kendaraan," ujar Adjib.

Antusias pengguna jalan tol juga nampak di ruas fungsional yaitu Tol Indrapura-Kisaran seksi Lima Puluh-Kisaran pada 4-21 April dan Bangkinang-XIII Koto Kampar pada 5-17 April dengan lebih dari 160.000 kendaraan yang melintas.

Mendukung kelancaran pelayanan mudik lebaran tersebut, Hutama Karya menyusun berbagai strategi komprehensif.

BACA JUGA:Perlu Diketahui, 5 Jenis Tanaman Ini Cocok Ditanam Didalam Ruangan, Bisa Hasilkan Oksigen

BACA JUGA:Heboh, Penemuan Jenazah Bocah Laki-Laki di Watervang Lubuk Linggau, Identitas Belum Diketahui

Dari sisi transaksi, Hutama Karya menerapkan sistem holding kendaraan di rest area untuk mengurai antrian, melakukan pembatasan kendaraan golongan III yang masuk ke gerbang tol, serta melakukan penambahan alat mobile reader dan top-up asongan guna mempercepat transaksi di gerbang tol.

Sedangkan dari sisi keamanan dan pelayanan, Hutama Karya melakukan pemantauan selama 24 jam dengan memanfaatkan Intelligence Traf ic System yang terintegrasi pada control room masing-masing ruas tol.

Melaksanakan operasi simpatik pembagian kopi dan makanan gratis agar pengemudi tetap terjaga, bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Setempat mendirikan Pos Pemantauan di rest area.

Melakukan pembagian takjil gratis, menambahkan layanan sarana kesehatan, melakukan penambahan fasilitas SPBU modular di rest area yang belum memiliki SPBU hingga mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mengakomodir kendaraan listrik serta pemberian diskon tarif sebesar 20% di ruas-ruas panjang yaitu Terbanggi Besar – Pematang Panggang - Kayu Agung, Indralaya – Prabumulih dan Pekanbaru – Dumai pada periode arus mudik (03-05/04) dan arus balik (17-19/04).

BACA JUGA:Majukan Muba, Pj Bupati Sandi Fahlevi Diperkuat Sekda Apriyadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: