Kemendes PDTT Ingin Bank Desa Terbentuk Disetiap Desa

Kemendes PDTT Ingin Bank Desa Terbentuk Disetiap Desa

Kemendes PDTT--

HARIANMUBA.COM,- Kemendes PDTT Ingin Bank Desa Terbentuk Disetiap Desa.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menginginkan terbentuknya bank desa di setiap desa.

Menteri yang akrab disapa Gus Halim menyampaikan hal itu saat penyerahan hasil audit Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Bersama Lembaga Keuangan Desa (LKD) di Kabupaten Serang, Banten pada Selasa 11 Juni 2024.

Gus Halim mengatakan, bank desa di setiap desa menjadi suatu harapan Kemendes PDTT setelah dirinya mengakhiri jabatan sebagai Mendes PDTT.

BACA JUGA:Catat, Dua Hari Lagi Tol Lima Puluh Kisaran Mulai Berlaku Tarif, Berikut Besarannya

BACA JUGA:Melalui Ini, Dorong Percepatan Pembangunan Kabupaten dan Kota

"Harapan kami di Kemendes adalah lahirnya bank desa yang merupakan sebuah usaha perbankan yang dilahirkan atas kerjasama antar BUMDesa Bersama LKD. Jadi, BUMDesa yang khusus menangani lembaga keuangan desa," kata Profesor Kehormatan UNESA ini.

Dalam pembentukannya tersebut, menurut Gus Halim, bisa saja nantinya BUMDesa bersama LKD yang telah di audit berkolaborasi bersama-sama membentuk bank desa dengan pendampingan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Saya yakin ini akan sangat luar biasa bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat desa," kata Gus Halim.

Sementara itu Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menjelaskan, BUMDesa Bersama LKD yang terbentuk di Kabupaten Serang merupakan transformasi dari UPK eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan yang sudah tidak dilanjutkan programnya sejak 2014.

BACA JUGA:Film Lafran, Sangat Inspiratif Generasi Muda

BACA JUGA:Kawasaki Z250 Model 2024 Resmi Diluncurkan, Begini Tampilan dan Spesifikasinya

"Semoga saja BUMDesa Bersama LKD yang telah diaudit bisa menjadi cikal bakal terbentuknya bank desa. Semoga ini menjadi usaha besar dan menjadi sandaran usaha-usaha mikro yang ada di Kabupaten Serang," kata Ratu Tatu.

Dalam kegiatan penyerahan hasil audit BUMDesa Bersama Lembaga Keuangan Desa (LKD) di Kabupaten Serang terdapat 4 BUMDesa Bersama LKD mendapatkan opini WTP dan 1 BUMDesa Bersama LKD mendapatkan Opini WDP dari kantor akuntan publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: