Tips Sehat Konsumsi Kopi Tanpa Menyiksa Ginjal Menurut Dokter Urologi

Tips Sehat Konsumsi Kopi Tanpa Menyiksa Ginjal Menurut Dokter Urologi

Tips Sehat Konsumsi Kopi Tanpa Menyiksa Ginjal Menurut Dokter Urologi--

HARIANMUBA.COM- Kopi adalah minuman yang sangat digemari di seluruh dunia, dikenal karena rasanya yang khas dan kandungan kafeinnya yang dapat meningkatkan energi dan fokus.

Namun, bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki masalah ginjal atau ingin menjaga kesehatan ginjal, konsumsi kopi bisa menjadi perhatian.

Untuk memastikan Anda tetap bisa menikmati kopi tanpa menyiksa ginjal, berikut adalah beberapa tips sehat dari dokter urologi.

1. Batasi Konsumsi Kafein

Menurut dokter urologi, konsumsi kafein yang berlebihan dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Murah Meriah di Dalam Kota Palembang yang Menarik untuk Dikunjungi

Batas aman konsumsi kafein bagi kebanyakan orang dewasa adalah sekitar 400 mg per hari, yang setara dengan 4 cangkir kopi.

Namun, jika Anda memiliki masalah ginjal atau sensitivitas terhadap kafein, sebaiknya batasi konsumsi kopi Anda menjadi 1-2 cangkir per hari.

2. Pilih Kopi yang Rendah Asam

Kopi dengan kadar asam tinggi dapat mengiritasi saluran kemih dan memicu masalah ginjal. Oleh karena itu, pilihlah kopi yang memiliki kadar asam rendah.

Anda bisa mencari jenis kopi yang diberi label "low acid" atau mencoba metode penyeduhan seperti cold brew, yang menghasilkan kopi dengan kadar asam yang lebih rendah dibandingkan metode penyeduhan panas.

BACA JUGA:Antisipasi Karhutlah di Sekitar Tol Trans Sumatera di Sumsel, Ini Langkah Persiapatan Hutama Karya

3. Hindari Tambahan Gula dan Krimer Berlebihan

Menambahkan gula dan krimer dalam jumlah besar ke dalam kopi dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: