Daftar 10 Penyakit Bisa Diatasi dengan Jalan Kaki Rutin

Daftar 10 Penyakit Bisa Diatasi dengan Jalan Kaki Rutin

Berbagai penyakit yang dapat diatasi dengan berjalan kaki--

BACA JUGA:Polres Muba Kembali Bekuk Pengedar Narkoba, Segini Barang Bukti Diamankan

4. Osteoporosis

Osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang dapat diatasi dengan olahraga ringan seperti jalan kaki. Jalan kaki membantu menjaga kekuatan tulang, terutama pada orang lanjut usia, dengan merangsang pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatan tulang.

Selain itu, aktivitas berjalan kaki juga membantu menjaga keseimbangan tubuh sehingga mengurangi risiko jatuh dan patah tulang pada lansia.

5. Obesitas dan Masalah Berat Badan

Jalan kaki adalah salah satu cara paling efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Dengan berjalan kaki secara rutin, metabolisme tubuh akan meningkat, sehingga lebih banyak kalori yang dibakar.

Jalan kaki selama 30 menit per hari dapat membantu seseorang mengontrol berat badan dan mencegah obesitas, yang merupakan penyebab berbagai penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Penjualan Buah Pinang di Sanga Desa Meningkat, Harga Capai Rp 2.500 per Kilo

6. Depresi dan Gangguan Kecemasan

Jalan kaki tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Berjalan kaki secara rutin, terutama di area terbuka seperti taman atau jalur hijau, dapat meningkatkan produksi endorfin dan serotonin, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati. Berjalan kaki juga dapat membantu meredakan stres, kecemasan, dan gejala depresi ringan hingga sedang.

7. Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit atau gangguan lambung dapat diringankan dengan jalan kaki rutin. Berjalan kaki membantu merangsang otot-otot di saluran pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus, sehingga mencegah sembelit.

Selain itu, jalan kaki setelah makan juga dapat membantu proses pencernaan dengan meningkatkan aliran darah ke perut dan mempercepat metabolisme.

8. Artritis (Radang Sendi)

Bagi penderita artritis, berjalan kaki secara rutin dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: