Asam Lambung Naik Saat Hamil, Amankah Omeprazole sebagai Solusi?

Asam Lambung Naik Saat Hamil, Amankah Omeprazole sebagai Solusi?

Ibu hamil apakah aman mengkonsumsi omeprazole--

HARIANMUBA. COM- Bagi ibu hamil, rasa khawatir saat mengonsumsi obat-obatan adalah hal yang wajar, terutama ketika menghadapi keluhan yang umum dialami seperti heartburn dan nyeri ulu hati.

Masalah lambung ini sering dialami oleh ibu hamil karena perubahan hormon serta tekanan yang diberikan oleh rahim yang membesar, sehingga asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

Salah satu obat yang kerap dipertanyakan keamanannya oleh ibu hamil adalah omeprazole. Namun, amankah omeprazole untuk ibu hamil?

Heartburn, atau rasa nyeri dan terbakar di ulu hati, sering terjadi pada ibu hamil terutama pada trimester akhir. Selain perubahan hormon yang mempengaruhi fungsi otot di saluran pencernaan, rahim yang semakin membesar juga menekan lambung sehingga memicu asam lambung naik.

BACA JUGA:Perlu Diketahui, Ini 9 Penyebab Munculnya Bisul

Bagi ibu yang memiliki riwayat GERD (gastroesophageal reflux disease) sebelum hamil, keluhan ini bisa menjadi lebih parah. Karena itu, banyak ibu hamil yang mencari solusi cepat untuk meredakan gejala ini.

Salah satu pilihan yang sering digunakan untuk mengatasi asam lambung adalah omeprazole. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi asam lambung, sehingga membantu meredakan iritasi dan peradangan pada dinding lambung. Namun, bagaimana dengan keamanannya bagi ibu hamil?

Omeprazole termasuk dalam kategori obat resep, sehingga penggunaannya harus melalui konsultasi dengan dokter, terlebih bagi ibu hamil.

Menurut FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat, omeprazole masuk dalam kategori C untuk kehamilan. Artinya, penelitian pada hewan menunjukkan adanya potensi risiko pada janin, namun studi yang cukup memadai pada manusia masih terbatas.

BACA JUGA:Jalan Kaki Puluhan Kilometer, Jajakan Kemplang Panggang

Meski demikian, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa risiko terjadinya efek samping serius seperti keguguran atau cacat lahir akibat penggunaan omeprazole pada ibu hamil sangat rendah.

Dengan kata lain, penggunaan omeprazole bisa dilakukan pada ibu hamil asalkan telah mendapatkan persetujuan dan pengawasan dari dokter, terutama pada trimester pertama. Dokter biasanya akan mempertimbangkan manfaat yang lebih besar daripada potensi risikonya.

Sebelum meresepkan omeprazole, dokter biasanya akan menyarankan beberapa langkah alami untuk meredakan heartburn dan gejala asam lambung naik. Beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah:

BACA JUGA:Pemkab Muba Gelar Operasi Pasar di Sungai Keruh, 8 Ton Beras dan 1.600 Liter Minyak Goreng Disalurkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: