Minta Masa Jabatan Diperpanjang Jadi 9 Tahun, Ribuan Kepala Desa Geruduk Gedung DPR/MPR RI

Selasa 17-01-2023,15:21 WIB
Reporter : Reno
Editor : Reno

BACA JUGA:Bukan Palembang Kota Terluas di Sumatera Selatan, Tapi Ini, Prabumulih Kota Terkecil

"Bagi pengendara roda 2 & Roda 4 agar menghindari sekitar depan DPR MPR RI Jl. Gatot Subroto Jakpus karena ada kegiatan penyampaian pendapat di depan DPR MPR RI," tulis TMC Polda Metro Jaya.

 

Massa Sudah Datang Sehari Sebelumnya

 

Sementara itu, Para Kades dari kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur ini sengaja datang ke Jakarta untuk ikut aksi meminta perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun. Mereka menggelar aksi di Gedung DPR RI, Selasa 17 Januari 2023 hari ini. 

 

Ketua Paguyuban Kepala Desa Bersatu Kabupaten Jombang, Warsubi menerangkan, masa jabatan Kepala Desa 6 tahun dinilai masih kurang optimal dalam membangun desa. Karena itu Kepala Desa merasa perlu waktu yang lebih supaya pembangunan desa bisa dilaksanakan lebih maksimal.

 

"Sesuai Undang-undang Tentang Desa Nomor 6 Tahun 2014, masa jabatan kades selama 6 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Aksi hari ini dalam rangka meminta kepada kepada pemerintah dan DPR, bahwa kami ingin masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun," kata Warsubi.

BACA JUGA:Diknasbud Keluarkan Instruksi Setiap Kegiatan Ekstrakurikuler, Guru harus Didampingi

Dirinya melanjutkan, sebanyak 251 Kepala Desa di Jombang sudah berangkat ke Jakarta sejak kemarin.

 

Kepala desa di Jombang meminta supaya pasal menjabat paling banyak tiga kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut diubah, sehingga masa jabatan kepala desa menjadi 9 tahun dan dapat menjabat paling banyak 2 kali. Karena 9 tahun lebih baru bisa membangun desa," tuturnya.

BACA JUGA:Wow! Biaya Pembangunan 1 Kilometer Tol Betung - Tempino Setara Dana Desa Satu Kabupaten, Segini Nominalnya...

Sebelum ke Jakarta kemarin, para kepala desa berkumpul di Kecamatan Tembelang, melakukan pertemuan dengan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab. Dengan restu dari Bupati, para kepala desa bergerak ke Jakarta menggunakan 6 bus. Mereka akan bergabung dengan kepala desa dari seluruh Indonesia dalam aksi di ibu kota. (*)

Kategori :