Bantu Bibit Hingga Buka Lahan Tanpa Bakar, Kepemimpinan Apriyadi Sukses Perluas Kebun Swadaya Masyarakat

Sabtu 30-09-2023,15:39 WIB
Reporter : Reno
Editor : Reno

BACA JUGA:Khasiat Rutin Konsumsi Buah Pepaya, Bikin Penyakit Ini Ogah Menyerang Anda

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud mengatakan pihaknya berkomitmen meningkatkan kesejahteraan petani sawit di Musi Banyuasin, apalagi diketahui bersama komoditas sawit merupakan komoditas andalan Bumi Serasan Sekate.

 

Tidak hanya pendampingan, juga bantuan peralatan, bibit sawit tersertikasi, juga pembangunan jalan produksi ke sentra-sentra perkebunan rakyat.

 

Tidak hanya dalam menghasilkan tanaman sawit, Pemkab Muba juga mendorong petani berdikari, termasuk memiliki pabrik pengolahan kelapa sawit sendiri.

 

"Sudah berprogres, ditunggu saja beberapa waktu kedepan. Harapannya, petani muba bisa sejahtera, mendapatkan nilai tambah dari perkebunan kelapa sawit yang mereka lakukan," ujar Apriyadi.

BACA JUGA:Musim Panen, Usaha Penggilingan Padi di Sanga Desa Kebanjiran Order

Muba Terima DBH Sawit Terbesar di Sumbagsel

Tingginya produksi dan luasan perkebunan sawitnya yang besar menjadi faktor yang meningkatkan kesejahteraan Bumi Serasan Sekate.

 

Salah satunya menjadi salah satu indikator dalam penentuan besaran DBH Kelapa Sawit yang diterima Kabupaten Muba dari Kementerian Keuangan. 

 

Apalagi kabar gembira bagi daerah-daerah pejuang anggaran datang dari Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Sri Mulyani yang  menetapkan Dana Bagi Hasil (DBH) untuk daerah penghasil kelapa sawit  dibagikan tahun 2023 tanggal 11 September 2023. Muba tahun ini menerima Rp 26,7 miliar dari transfer bagi hasil sawit. 

 

Kategori :