5 Tempat Wisata Ngehits di Kabupaten Musi Banyuasin, Nomor 3 Cuma Bisa Dikunjungi Setahun Sekali

5 Tempat Wisata Ngehits di Kabupaten Musi Banyuasin, Nomor 3 Cuma Bisa Dikunjungi Setahun Sekali

Danau Ulak Lia --

Kalau dilihat bentuknya pun seperti pantai. Dimana Bongen akan terjadi di bulan Agustus sampai September setiap tahunnya.

Fenomena alam ini sangat indah. Dimana hamparan pasir sungai berkilau bak mutiara saat terkena sinar matahari, menjadikannya hal yang unik.

Apalagi dipadu dengan jernihnya air Sungai Musi yang terlihat dangkal, akibat musim kemarau yang terjadi setahun sekali.

Munculnya Bongen tersebut membuat warga Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin dan sekitarnya banyak berdatangan. Dan menjadikannya tempat wisata walaupun hanya setahun sekali.

Di Bongen tersebut warga bisa menikmati seperti layaknya berada di pinggir pantai. Duduk diatas pasir sungai, untuk ajang kumpul-kumpul atau pun berfoto.

4. Batu Sangkar

Jika di Kota Sekayu terkenal dengan Pantai Bongen yang menjadi lokasi wisata musiman yang hanya muncul setahun sekali saat kondisi air Sungai Musi surut, di Kelurahan Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman justru terkenal dengan wisata musiman yaitu Batu Sangkar.

Batu Sangkar merupakan batuan dasar Sungai Musi yang membentuk suatu formasi mirip setengah lingkaran yang memiliki panjang sekitar 100 meter. Disebut Batu Sangkar oleh masyarakat setempat dikarenakan formasi batuan dasar sungai tersebut saat kondisi air sungai surut akan membentuk seperti suatu pagar dan mengurung atau menyangkari sebagian air Sungai Musi.

Konon menurut keterangan warga, air yang terperangkap tersebut tidak akan pernah kering meskipun dalam kondisi kemarau yang sangat panjang.

Batu Sangkar mulai dikenal oleh masyarakat di sekitar Kecamatan Babat Toman setelah beberapa akun media sosial instagram memposting mengenai keberadaan wisata musiman ini.

5. Danau Ulak Libok

Danau Ulak Libok sendiri merupakan danau alami yang terbentuk dari sodetan Sungai Musi. Lokasi Danau Ulak Libok sangat strategis untuk dikunjungi, hal ini bukan tanpa alasan, sebab kawasan Danau Ulak Libok lokasinya tepat berada di tengah-tengah antara Kota Sekayu dan Kota Lubuk Linggau serta hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer dari pinggir jalan lintas tengah.

Kondisi bentang alamnya yang masih begitu asri dikelilingi pepohonan serta kebun durian warga menjadi penawaran tersendiri dari Danau Ulak Libok. Hal ini lah yang kemudian membuat Pemerintah Desa Kemang menjadi serius untuk menyulap kawasan Danau Ulak Libok menjadi tempat wisata.

Saat ini dipinggiran Danau Ulak Libok sudah dibangun beberapa fasilitas penunjang seperti gazebo, toilet, hingga mushola.

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Kabupaten Musi Banyuasin, meski beberapa diantaranya hanya bisa dikunjungi di waktu-waktu tertentu saja.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: