Mengenal Lebih Jauh Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang, Berada di Pinggir Sungai Musi, Berusia 3 Abad

Mengenal Lebih Jauh Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang, Berada di Pinggir Sungai Musi, Berusia 3 Abad

Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang--Sumeks.co

PALEMBANG, HARIANMUBA.COM - Kelenteng Chandra Nadi, atau yang lebih dikenal masyarakat Kota Palembang dengan nama Kelenteng Dewi Kwan Im yang berada di kawasan 10 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang menjadi salahsatu Kelenteng Favorit warga Tionghoa dari seluruh belahan dunia untuk menjalani ibadah.

 

Kelenteng Dewi Kwan Im sendiri terletak persis di pinggiran Sungai Musi, tempat ibadah etnis Tionghoa ini memiliki akulturasi atau perpaduan antara budaya lokal dan Etnis Tionghoa.

 

Kelenteng Dewi Kwan Im atau nama lain Soei Goeat Kiong ini juga ternyata Klenteng tertua di Kota Palembang, yang dibangun pada masa Kesultanan Palembang Darussalam hingga masa Kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1733.

 

Oleh sebab itu, biasanya menjelang perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada Minggu 22 Januari 2023, Klenteng Dewi Kwan Im lebih ramai didatangi warga yang ingin beribadah dibandingkan Klenteng lainnya yang ada di Kota Palembang.

BACA JUGA:Fakta Baru, Korban Redupaksa Konten Kreator Asal Sekayu Diduga Tak Hanya Satu Orang

Bahkan, masyarakat yang beribadah di Klenteng Dewi Kwan Im tidak hanya berasal dari Kota Palembang saja, melainkan dari beberapa kota besar hingga luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong dan masih banyak lagi.

 

Dari informasi yang dihimpun, Kelenteng Dewi Kwan Im yang terletak di Kampung 10 Ulu ini, merupakan pengganti dari klenteng yang terbakar di kawasan Kampung 7 Ulu.

 

Menurut sejarahnya juga, konon pembangunan Kelenteng Dewi Kwan Im juga karena adanya makam seorang Panglima Palembang keturunan Tionghoa memeluk agama Islam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: