Suku Gumay, Suku yang Berada di Kabupaten Lahat, Banyak Percaya Keturunanya Bertelunjuk Bengkok

Suku Gumay, Suku yang Berada di Kabupaten Lahat,  Banyak Percaya Keturunanya Bertelunjuk Bengkok

Keturunan Gumay Ulu yang berada di Desa Jarai dan Aromantai Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat --

2. Keturunan Gumay Lembak

Puyang Muke Akhahan yang sangat legendaris dan di panggil Kerie Sindang Matahari, pimpinan Gumay Jurai ke-XIII mempunyai 8 anak, 7 laki-laki dan 1 perempuan. Anak-anak ini lah yang akan menjadi cikal bakal keturunan Gumay Lembak untuk membangun dusun.

Atungkal Diwe, anak tua bertempat di dusun Bapak yaitu di Lubuk Sepang. Gune Raja, berpindah ke Endikat. Yang akhirnya menikah dengan Putri Langu. Yang akhirnya menjadi cikal bakal marga Gumay Talang.

Puyang Abawan, bertempat di dusun Tanjung Sirih. tepatnya dipinggiran Ayik Lim bersama keturunannya. Puyang Bigih, bertempat dan berkeluarga didusun Kuba.

Puyang Pandan, putri satu-satunya dari Puyang Muke Akhahan yang bersuami ke Bandar Agung. Puyang Bile Raje, bertempat dan berkeluarga di dusun Pulau Pinang

Puyang Bile Bujang, bertempat diseberang dusun Pulau Pinang. tepatnya didusun Tanjung Mulak beserta keluarganya. Puyang Bile Pantas, mengambil anak didusun Germidar Pagar Gunung yang akhirnya mengikuti Jurai orang Pagar Gunung.

Diperkirakan Puyang Bigih bukan hanya bertempat di dusun Kuba tetapi juga didusun Karang Dalam Ulu, Jati, Pagar Batu dan Muara Siban.

3.Keturunan Gumay Talang

Puyang Gune Raje yang bertempat di Dusun Lubuk Sepang. Puyang Gune Raje memperistrikan Dayang Intan Putri Ratu Langu, yang merupakan adik kandung dari Pekik Nyaring. Setelah menikah Puyang Gune Raje menetap di Langu dan dusun Lubuk Sepang sebagai dusun asal mula tempat kembali (bada balik).

Namun Ratu Langu menganjurkan kepada Puyang Gune Raje dan istrinya untuk membangun permukiman baru. Yang akhirnya bertempat di Endikat, yang menurut mereka merupakan daerah yang cocok.

Dari dusun Endikat ini lah keturunan Puyang Gune Raje berkembang dan membentuk Marga baru yakni Marga Gumay Talang yang tetap dibawah naungan sistem pemerintahan dan adat Gumay, bersama Gumay Lembak dan Gumay Ulu yang merupakan keturunan Puyang Diwe Gumay setelah meluaskan jaringan keluarganya menjadi Gumay Tige Jukhu: Gumay Lembak, Gumay Ulu dan Gumay Talang. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: