Kades dan Perangkat Desa di OKU Datangi Rumah Dinas Bupati, Keluhkan Soal Pencairan Gaji

Kades dan Perangkat Desa di OKU Datangi Rumah Dinas Bupati, Keluhkan Soal Pencairan Gaji

Kades melakukan pertemuan dengan pj sekda OKU--

HARIANMUBA.COM,- Kepala Desa (Kades) dan ratusan perangkat desa mendatangi rumah dinas Bupati OKU, Senin 17 April 2023.

Kedatangan Ratusan perangkat desa ini untuk mengadu ke Pj Bupati OKU soal pencairan gaji/siltap (penghasilan tetap) para kades dan perangkatnya .

Karena separuh kades atau 91 desa dari 143 desa se OKU yang hadir, mereka menuntut siltap triwulan 1 tahun 2023 cair sebelum lebaran Idul Fitri 1444 H/2023.

“Kalau sampai tidak cair sebelum lebaran ini. Atau sebelum cuti bersama libur lebaran, jelas perangkat desa ini jadi penerima zakat. Ya, bagaimana mau bayar zakat fitrah kalau tidak punya uang,” ujar salah seorang anggota BPD di wilayah Kecamatan Baturaja Timur.

BACA JUGA:Fakta Penembakan Pedagang Ayam di Palembang, Pelaku Pakai Motor

BACA JUGA:Alhamdulillah, Kondisi David Makin Membaik, Sudah Diperbolehkan Pulang Kerumah

Sebelumnya para kades dan perangkat desa memang mau menemui Pj Bupati OKU di rumah dinas. Mereka berkumpul di gedung SKB depan rumah dinas Bupati. Namun, Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah sedang kurang sehat.

Dan Pj Bupati OKU mengutus kabag Prokopim dan beberapa orang menemui kades dan perangkat desa.

Hasilnya para Kades, Kadus, RT dan perangkat diarahkan ke Pemkab OKU bertemu Pj Sekda, Darmawan Irianto, Kadin PMD Nanang Nurzaman.

Dalam pertemuan di gedung Abdi Praja Pemkab OKU, Darmawan Irianto, menjamin Siltap perangkat desa akan cair. Selasa (18/04/2023).

BACA JUGA:Petugas Kebersihan Hingga Tukang Ojek di Sekayu Dapat THR

BACA JUGA:Ada 4 Korban Dukun Slamet Belum Teridentifikasi, Jumlah Korban Diprediksi Lebih Dari 12 Orang

“Ini terkendala (pembayaran) siltap karena pergantian Kadin PMD. Namun, berdasarkan rapat tadi, kami dengan Pak Hanafi (BPKAD) OKU bisa mencairkan Siltap besok (selasa). Saya yang menjadi jaminannya,” tegas Pj Sekda OKU.

Para Kades mengeluh dengan sistem birokrasi Pemkab OKU saat ini. Hampir setiap tahun, terutama menjelang lebaran Idul Fitri selalu ribut soal pencairan dana siltap ADD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: