Sinergi Pemerintah, Asosiasi, Pelaku Industri Fintech Untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital

Sinergi Pemerintah, Asosiasi, Pelaku Industri Fintech Untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital

Pelaksanaan Bulan Fintech Nasional (BFN) dan The 5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023--

HARIANMUBA.COM,- Sinergi Pemerintah, Asosiasi, Pelaku Industri Fintech Untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Digital.

Pertumbuhan industri fintech dan ekosistem ekonomi digital di Indonesia mengalami lonjakan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. 

Laporan SEA e-Conomy 2022 oleh Temasek, Google, dan Bain & Company mencatat bahwa nilai ekonomi digital Indonesia sebesar USD77 miliar di tahun 2022, dan diperkirakan akan mencapai USD130 miliar di tahun 2025. 

Laporan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Triwulan III 2023 menunjukkan nilai transaksi Uang Elektronik mencapai Rp116,54 triliun, serta transaksi QRIS mencapai Rp56,92 triliun, dengan pengguna sebanyak 41,84 juta dan jumlah merchant 29,04 juta, yang mana sebagian besarnya merupakan UMKM. 

BACA JUGA:Daftar Handphone yang Turun Harga pada November 2023, Buruan Cek!

BACA JUGA:Jalan di Provinsi Lampung yang Pernah di Tinjau Presiden Jokowi, Sudah Hampir Selesai Pembangunannya

Berdasarkan data OJK, outstanding pinjaman peer-to-peer lending per September 2023 juga mencapai Rp55,7 triliun atau tumbuh sebesar 14,28 persen (yoy).

Sebagai langkah bersama untuk memperkuat industri fintech dan ekosistem ekonomi digital Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama AFTECH dan AFSI serta pelaku industri kembali bersinergi.

Melalui pelaksanaan Bulan Fintech Nasional (BFN) dan The 5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023.

Diawali dengan momentum Hari Fintech Nasional yang jatuh pada 11 November (11.11), BFN akan dilaksanakan selama satu bulan penuh dari 11 November hingga 12 Desember 2023 melalui platform virtual www.bulanfintechnasional.com, sehingga diharapkan dapat diakses dan diikuti dengan mudah oleh masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:Jarak Medan Banda Aceh Makin Depat, Setelah Tol Segmen Stabat - Kuala Bingai Beroperasi

BACA JUGA:Peringati Hari Pahlawan, Ini Agenda Acara di Pemkab Muba

Sepanjang Bulan Fintech Nasional (11.11 – 12.12), masyarakat Indonesia akan diperkenalkan kepada berbagai jenis bisnis model fintech yang ada di Indonesia melalui berbagai program insentif dari berbagai perusahaan fintech terkemuka. 

Selain itu, sepanjang periode tersebut masyarakat diharapkan mendapatkan pemahaman mendalam terkait penggunaan fintech dengan potensi risikonya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: