Tim Tanggap Insiden Siber Muba Segera di Launching, Salah Satu yang Ikut Dilaunching Serentak Pj Gubernur

Tim Tanggap Insiden Siber Muba Segera di Launching, Salah Satu yang Ikut Dilaunching Serentak Pj Gubernur

Kadis Kominfo Muba--

 HARIANMUBA.COM,- Tim Tanggap Insiden Siber Muba Segera di Launching, Salah Satu yang Ikut Dilaunching Serentak  Pj Gubernur.

Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang telah membentuk Tim Tanggap Insiden Siber atau Computer Security Insiden Response Team (CSIRT).

Pj Bupati Musi Banyuasin Drs H Apriyadi Mahmud MSi mendapatkan undangan dari Pj Gubernur Sumsel untuk menghadiri Launching Serentak CSIRT bersama 11 kabupaten/kota dan 7 Perguruan Tinggi di Palembang dan Lampung yang akan berlangsung di Griya Agung Palembang pada 24 November 2023 mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan Pj Bupati Muba akan menghadiri langsung acara tersebut.

BACA JUGA:Evaluasi dan Penilaian Kinerja SDM PKH, Pj Bupati Apriyadi: Siap Usulkan Pendamping Jadi PPPK

BACA JUGA:Peristiwa Kebakaran Penyulingan Minyak Illegal di Babat Toman, Polisi Amankan Satu Orang Tersangka

"Tetapi karena agenda Berbarengan dengan Tabliq Akbar dan Giat Aksi Kemanusian Peduli Palestina yang diselenggarakan di lapangan Bola Serasan Sekate besok Jumat pukul 14.00 WIB Maka Saya Selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika Musi Banyuasin Mewakili beliau untuk acara launching CSIRT," kata Kadin Kominfo Muba.

"Acara yang bakal dihadiri oleh Pj Gubernxur Sumatera Selatan dan Deputi Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia ini," tambahnya.

Dikatakan Herryandi, Kabupaten Muba sendiri telah membentuk Tim CSIRT (Mubakab-CSIRT) atau Tim Tanggap Insiden Siber yang merupakan tim menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi dan menanggapi insiden keamanan siber, pada suatu wilayah yang bertanggung jawab atas penerimaan, pemantauan dan penanganan laporan dan aktivitas insiden keamanan siber.

Dibentuk berdasarkan SK Bupati Nomor 107/KPTS-DINKOMINFO/2023 tanggal 3 Februari 2023 tentang Pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber (Computer Security Insiden Response Team) Kabupaten Musi Banyuasin.

BACA JUGA:Banyak Terima Aduan, Dewan Pers Minta Wartawan Merangkap LSM Dianjurkan Mundur

BACA JUGA:Akhirnya, Polisi Tetapkan Firli Bahuri Tersangka, Kasus Dugaan Pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

"MubaKab-CSIRT adalah Tim Tanggap Insiden Siber yang berada di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin dan akan bertugas menjamin keamanan siber, memberikan layanan serta penanganannya pada lingkup Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin," ungkapnya.

Lanjutnya, pembentukan CSIRT Musi Banyuasin (MubaKab-CSIRT) sudah disetujui oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) karena telah melengkapi persyaratan-persyaratan, diataranya sudah memiliki SK Bupati, adanya perangkat monitoring serangan siber, sistem pelaporan secara online/ ticketing dan website.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: