Pengurus Forum BPD Muba Bertemu PJ Bupati, Ini Beberapa Permintaan yang Disampaikan

Pengurus Forum BPD Muba Bertemu PJ Bupati, Ini Beberapa Permintaan yang Disampaikan

PJ Bupati Muba H Apriyadi MSi terima Audensi BPD (Foto Boim)--

HARIANMUBA.COM,- Pengurus Forum BPD Muba Bertemu PJ Bupati, Ini Beberapa Permintaan yang disampaikan.

Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi menerima audiensi Pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Muba dari perwakilan 15 kecamatan, di Ruang Audiensi Bupati Muba, kemarin Rabu (6/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut Dicky dari perwakilan kecamatan Bayunglencir kemudian Supriyadi Anggota BPD Desa Epil Kecamatan Lais yang mewakili 1.687 orang Anggota BPD di 266 desa dalam Kabupaten Muba.

Ia menerangkan bahwa Badan Permusyawaratan Desa adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

BACA JUGA:Tekan Inflasi, PJ Bupati Muba Buat Gerakan Menanam Cabai Merah

BACA JUGA:PCNU Muba Gelar PD PKPNU, Angkatan ke 3 dan 4

"BPD mempunyai fungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa," kata Supriyadi.

Ia menyampaikan adapun maksud dan tujuan audiensi itu ialah, diantaranya terkait dengan kesejahteraan anggota BPD yaitu permintaan kenaikan tunjangan, dan kemudian kantor sekretariat.

"Kami juga mengharapkan agar adanya pengembangan kapasitas khusus BPD melalui bimbingan teknis, ataupun kunjungan lapangan seperti studi banding yang dilakukan dalam negeri," jelasnya.

Menanggapi yang disampaikan itu, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi, sependapat dan mendukung untuk  diadakannya peningkatan kapasitas para anggota BPD untuk menambah pengalaman terutama melalui online daring digital maupun studi tiru dalam efektivitas dan efisiensi pengawasan perangkat desa.

BACA JUGA:Komisi VI DPR RI Tinjau Langsung Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir Tempino

BACA JUGA:Ada 2 Usulan Provinsi Baru Sumatera Selatan Mencuat, Ini Calon Ibukotanya

Terkait dengan tunjangan dan kantor sekretariat BPD, dikatakan akan menjadi atensi Pemkab Muba dan sesuai dengan kemampuan daerah.

"BPD adalah mitra kepala desa, untuk itu kami berpesan agar melakukan pengawasan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: