Lebih dari Sekedar Pewarna dan Pemberi Aroma Makanan, Ini Dia Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui

Lebih dari Sekedar Pewarna dan Pemberi Aroma Makanan, Ini Dia Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui

Ini Dia Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui--

HARIANMUBA.COM- Daun pandan (Pandanus amaryllifolius) bukanlah sembarang tumbuhan hijau biasa. Di Asia Tenggara, daun ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, tidak hanya sebagai bahan masakan, tetapi juga sebagai obat tradisional.

Daun pandan, selain dikenal karena aromanya yang khas dan kemampuannya sebagai pewarna alami, memiliki sejumlah manfaat yang sering kali terlupakan atau jarang diketahui oleh banyak orang. 

Di samping digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan dan minuman, berikut adalah beberapa manfaat lain dari daun pandan yang mungkin belum banyak diketahui:

BACA JUGA:Respon Cepat Damkar Muba Tangani Kebakaran Rumah Warga di Depan PLN Sekayu

1. Sifat Antioksidan:

Daun pandan mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa-senyawa ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit.

2. Efek Penenang:

Aromanya yang menenangkan tidak hanya bermanfaat untuk menyedapkan makanan, tetapi juga dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan pikiran. Daun pandan sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan stres, kecemasan, dan insomnia.

3. Kesehatan Pencernaan:

Daun pandan mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

4. Penyembuhan Luka:

Ekstrak daun pandan telah digunakan dalam beberapa produk perawatan kulit karena kemampuannya dalam mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi peradangan pada kulit.

BACA JUGA:Menyedihkan, Lansia di OKU Ini Meninggal Dunia Usai Mencoblos

5. Antiinflamasi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: