Ini Cara Menghapus Data KTP di Pinjol Agar Identitas Pribadi Tidak Disalahgunakan

Ini Cara Menghapus Data KTP di Pinjol Agar Identitas Pribadi Tidak Disalahgunakan

Ilustrasi--

Mengganti nomor ponsel dengan SIM card baru dapat menghindari tagihan dari pinjaman online. Langkah ini bisa Anda lakukan jika platfrom pinjaman yang digunakan ilegal.

3. Copot Aplikasi Pinjol

Uninstall atau copot aplikasi pinjaman online di HP merupakan cara efektif yang dapat Anda coba. Caranya yakni buka menu pengaturan, pilih opsi aplikasi, cari aplikasi pinjol, dan pilih opsi uninstall.

BACA JUGA:TP PKK Sumsel Dukung Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Tekan Inflasi, Bank Sumsel Babel Gelar Pasar Murah

4. Laporkan ke Lembaga Berwenang

Cara menghapus data KTP di pinjol berikutnya, yaitu melaporkan ke lembaga berwenang. Anda dapat melaporkan jika merasa dirugikan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau polisi.

Caranya, kunjungi situs web OJK atau datangi langsung ke kantor terdekat. Sertakan bukti-bukti pinjol ilegal, seperti nama aplikasi, nomor telepon, email, screenshot, dan lain-lain.

Hal ini bertujuan supaya OJK menindak lanjuti pinjol ilegal dan melindungi masyarakat dari praktik pinjaman online yang tidak ada izin. Cara ini efektif untuk dicoba, karena nantinya OJK akan memblokir platfrom tersebut.

BACA JUGA:Mengunjungi Kota Palembang, Wajib Cicipi 8 Kuliner Ini, Ramah Dikantong

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Instagrammable di Palembang Ini Wajib Kamu Kunjungi!

5. Reset HP ke Setelan Pabrik

Caranya, buka menu pengaturan, pilih opsi sistem, pilih opsi reset, dan pilih opsi reset semua data. Hal ini untuk menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di HP kalian.

6. Hapus Akun Sosial Media

Caranya, buka menu pengaturan, pilih opsi akun, cari akun media sosial kalian, dan pilih opsi hapus akun. Hal ini untuk mencegah pinjol mengakses data kalian dari media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: