Kendalikan Hama Tikus, BPTPH Sumsel Bangun 5 Unit Rumah Burung Hantu di Areal Persawahan di Sanga Desa

Kendalikan Hama Tikus, BPTPH Sumsel Bangun 5 Unit Rumah Burung Hantu di Areal Persawahan di Sanga Desa

Rumah burung hantu --

HARIANMUBA.COM,- Kendalikan Hama Tikus, BPTPH Sumsel Bangun 5 Unit Rumah Burung Hantu di Areal Persawahan di Sanga Desa.

Sebagai upaya pengendalian hama tanaman secara alami. 

Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Provinsi Sumatera Selatan membangun sebanyak 5 unit Rumah Burung Hantu (Rubuha) di Desa Penggage Kecamatan Sanga Desa.

Rumah Burung Hantu tersebut dibangun di area persawahan milik Poktan Subur Alami, Poktan Mekar Jaya, dan Poktan Barokah pada hari Senin 19 Maret 2024 kemarin.

BACA JUGA:19 Penyulingan Minyak Ilegal di Sanga Desa Dibongkar Mandiri

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Orang yang Berpuasa Tapi Tidak Pernah Shalat Tarawih? Simak Penjelasannya

Pembangunan Rubuha tersebut diharapkan bisa menjadi sarana pelestarian predator alami dari hama tikus yakni Burung Hantu atau dalam nama latinnya Tyto Alba.

"Rumah Burung Hantu ini merupakan Bantuan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, dalam upaya pelestarian Burung Hantu yang merupakan musuh alami dari Tikus," ungkap Petugas  Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Elip Purwanto SP, saat dikonfirmasi Kamis 21 Maret 2024.

"Jadi tujuannya untuk mengendalikan populasi tikus menggunakan musuh alaminya yaitu Tyto Alba atau Burung Hantu," tambahnya.

Dengan adanya Rubuha diharapkan bisa menjadi sarang dari Burung Hantu liar sehingga nantinya secara alami bisa memburu hama tikus yang ada di lahan persawahan.

BACA JUGA:Perlu Diketahui, Ini 5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

BACA JUGA:Pastikan Sukses Acara, Pj. Sekda Muba Musni Wiyaya Tinjau Lokasi Opening Closing MTQ Ke XXX 2024

"Mudah-mudahan dengan adanya Rumah Burung Hantu ini, hama tikus bisa berkurang. Sehingga ke depan dapat meningkatkan hasil produksi para petani yang ada di Desa Penggage ini," terangnya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: