Perlu Anda Ketahui, Beginilah Tata Cara Sholat Taubat

Perlu Anda Ketahui, Beginilah Tata Cara Sholat Taubat

Ilustrasi--

Dengan demikian, sholat taubat dapat dilakukan setiap saat ketika seseorang ingin bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosanya. 

Berdasarkan penjelasan dari berbagai sumber, waktu pelaksanaan sholat taubat dapat dilakukan kapan saja, baik itu pagi, siang, ataupun malam, selama tidak pada waktu-waktu yang diharamkan atau terlarang. Sholat taubat juga dapat dilakukan setelah sholat fardhu maupun sholat sunah lainnya.

BACA JUGA:Hampir Dipenuhi Rumput, Jalan di Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa Ini Butuh Dibersihkan

BACA JUGA:Komisioner Panwaslu Muba Laporkan Oknum Caleg Atas Kasus Penganiayaan, Begini Tanggapan Polisi

Meskipun demikian, ada beberapa pendapat yang menekankan bahwa sholat taubat akan lebih utama jika dilakukan segera setelah seseorang merasa melakukan perbuatan maksiat.

Pendapat ini didukung oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah, yang menyarankan agar taubat dilakukan dengan segera setelah melakukan kesalahan, diikuti dengan melaksanakan sholat dua rakaat sebagai tanda kesungguhan dalam bertaubat.

Namun, ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa sholat taubat lebih utama dilakukan pada malam hari, karena pada waktu tersebut diyakini Allah SWT lebih akan mendengarkan taubat hamba-Nya. 

Dengan demikian, meskipun terdapat perbedaan pendapat mengenai waktu utama pelaksanaan sholat taubat, namun yang terpenting adalah niat yang ikhlas dan kesungguhan dalam bertaubat kepada Allah. 

BACA JUGA:Saat Harga Karet Anjlok, Begini Cara Ibu-Ibu di Sanga Desa Menambah Pemasukan Keluarga

BACA JUGA:Harga Membaik, Petani Sawit di Kecamatan Lais Bisa Tersenyum

Sholat taubat dapat dilakukan kapan saja, tidak harus setelah terbangun dari tidur malam, sesuai dengan ketersediaan waktu dan kesadaran diri untuk bertaubat.

Berikut adalah tata cara sholat taubat menurut penjelasan Ria Khoirunnisa:

1. Lakukan sholat taubat seperti sholat fardhu, baik dari segi bacaan maupun gerakan tubuh.

2. Bacalah niat dengan kalimat sebagai berikut:

BACA JUGA:Hendak Ngambil Air Wudhu, Warga Desa Tanjung Dalam Kecamatan Keluang Diduga Diterkam Buaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: