Benarkah Menyisir Rambut di Malam Hari Bisa Menarik Perhatian Makhluk Halus?

Benarkah Menyisir Rambut di Malam Hari Bisa Menarik Perhatian Makhluk Halus?

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM - Mitos yang berkembang di kalangan masyarakat masih sering di yakini untuk sebagian orang. 

Di kalangan masyarakat Jawa misalnya, terdapat berbagai tradisi dan kepercayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Salah satu tradisi yang masih dipegang teguh hingga saat ini adalah mitos tentang menyisir rambut di malam hari.

Mitos ini memiliki berbagai versi dan makna simbolis, meskipun tidak memiliki dasar ilmiah. Mitos tentang menyisir rambut di malam hari memiliki berbagai versi di berbagai daerah di Jawa.

Di beberapa daerah, dipercaya bahwa menyisir rambut di malam hari dapat mengganggu roh-roh halus yang berkeliaran di malam hari. Roh-roh ini konon dapat terjerat pada rambut yang disisir, sehingga menyebabkan berbagai kesialan atau bahkan penyakit.

BACA JUGA:Satres Narkoba Polres Muba Amankan Pria Paruh Baya, Simpan 50 Paket Sabu-Sabu

BACA JUGA:Membanggakan, Siswa Asal Muba Ini Terpilih Mewakili Sumsel Ikut Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Versi lain dari mitos ini menyebutkan bahwa menyisir rambut di malam hari dapat membuka pintu bagi energi negatif. Energi negatif ini konon dapat masuk ke dalam tubuh melalui rambut, sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan atau bahkan kematian, selengkapnya simak di bawah ini.

Mitos menyisir rambut di malam hari

Menurut Primbon Jawa, kitab kuno yang memuat berbagai ramalan dan pedoman hidup, menyisir rambut di malam hari dapat membawa dampak negatif, seperti:

1. Mengganggu makhluk halus: Dipercaya bahwa menyisir rambut di malam hari dapat membangunkan dan mengganggu makhluk halus, yang pada gilirannya bisa membawa sial atau gangguan kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Polisi Amankan Pemilik Sumur Minyak Ilegal yang Keluarkan Gas Beracun, Hingga Sebabkan 1 Orang Meninggal

BACA JUGA:Tol Ini Sudah Diresmikan Presiden Jokowi, Perjalanan Pekanbaru - Sumbar Semakin Cepat

2. Merusak energi rambut: Rambut diyakini memiliki energi yang kuat. Menyisir rambut di malam hari dapat membuka dan menguras energi ini, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada keseimbangan energi tubuh.

3. Mempercepat penuaan: Mitos ini beranggapan bahwa menyisir rambut di malam hari dapat mengganggu keseimbangan alami tubuh dan menyebabkan kelelahan, yang berdampak buruk pada kesehatan dan penampilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: