Tol Bangkinang - Koto Kampar Batu Diresmikan, Ini Panjang Jalan Tol yang Telah Dibangun Hutama Karya

Tol Bangkinang - Koto Kampar Batu Diresmikan, Ini Panjang Jalan Tol yang Telah Dibangun Hutama Karya

Tol Trans Sumatera--

HARIANMUBA.COM,- Tol Bangkinang - Koto Kampar Batu Diresmikan, Ini Panjang Jalan Tol yang Telah Dibangun Hutama Karya.

Secara bertahap pembangunan tol trans sumatera rampung pembangunannya.

Terbaru adalah Jalan Tol Pekanbaru – Padang, Ruas Bangkinang – Pangkalan seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar diresmikan.

Tol ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Jumat 31 Mei 2024.

BACA JUGA:Duo Hacker Kakak Adik Asal Tulung Selapan Diamankan Polisi, Ini Aksi yang Diduga Dilakukannya

BACA JUGA:Listrik Padam, Usaha Gunting Rambut dan Foto Copy di Sanga Desa Terpaksa Stop Beroperasi

“Jalan tol ini merupakan bagian sirip dari Jalan Tol Trans Sumatera yang kita harapkan akan terus tersambung dari tahun ke tahun dari Pekanbaru sampai Kota Padang, sehingga mobilitas barang lebih cepat lagi dan kita bisa bersaing dengan negara-negara lainnya,” ujar Presiden Jokowi saat peresmian.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan bahwa nilai investasi pembangunan Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar sebesar Rp 4,83 triliun dengan waktu pelaksanaan selama 5 (lima) tahun.

“Jalan tol ini tuntas kita uji laik fungsikan pada April lalu, dan telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada Selasa (28/05),” ujar Budi.

Dalam pelaksanaannya, pembangunan dilakukan oleh Wika bersama dengan anak usaha Hutama Karya yakni HKI sebagai kontraktor dengan menggunakan digital construction secara menyeluruh diantaranya implementasi Building Information Modelling (BIM), hingga Jembatan Unbridge untuk meningkatkan efisiensi struktur pada kontur yang ekstrim, serta struktur yang ringan dengan bentang yang panjang.

BACA JUGA:Mobil Kepala BNN OKI Mengalami Kecelakaan di Tol, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Pilihan Karbohidrat Sehat Bagi Penderita Diabetes Agar Tetap Bisa Makan Enak Tanpa Khawatir Gula Darah Tinggi

Dari sisi fasilitas struktur, jalan tol ini dilengkapi 8 unit jembatan, 1 interchange, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, dan 2 gerbang tol. 

Sementara jumlah lajur pada tahap awal 2x2, dengan kecepatan rencana adalah 80 km/jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari Bangkinang ke Koto Kampar dari 1 jam menjadi 20 - 30 menit, sementara dari Pekanbaru ke Koto Kampar dari 3 Jam menjadi 1,5 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: