Pilihan Karbohidrat Sehat Bagi Penderita Diabetes Agar Tetap Bisa Makan Enak Tanpa Khawatir Gula Darah Tinggi

Pilihan Karbohidrat Sehat Bagi Penderita Diabetes Agar Tetap Bisa Makan Enak Tanpa Khawatir Gula Darah Tinggi

Pilihan karbohidrat bagi penderita diabetes --

HARIANMUBA.COM- Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah tetap stabil adalah hal yang sangat penting. Salah satu kunci untuk mencapai hal ini adalah memilih jenis karbohidrat yang sehat.

Karbohidrat yang tepat tidak hanya membantu mengendalikan gula darah, tetapi juga memastikan bahwa penderita diabetes tetap bisa menikmati makanan enak.

Berikut ini adalah beberapa pilihan karbohidrat sehat yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa khawatir akan lonjakan gula darah.

BACA JUGA:Aplikasi SRIKANDI Diterapkan di Seluruh Pemerintah Desa/Kelurahan Kabupaten Muba

1. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang kaya akan protein dan serat. Indeks glikemik quinoa rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Quinoa dapat digunakan sebagai pengganti nasi atau pasta, dan sangat cocok dipadukan dengan berbagai jenis sayuran dan protein.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Oatmeal mengandung serat larut yang membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

Pilihlah oatmeal yang tidak mengandung tambahan gula dan nikmati dengan topping seperti buah segar atau kacang-kacangan untuk menambah rasa dan nutrisi.

BACA JUGA:PNS Muba Bisa Tersenyum Sumringah, Karena Gaji ke-13 Cair Mulai Hari Ini

3. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat, vitamin A, dan antioksidan. Ubi jalar memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan kentang putih, sehingga lebih baik dalam mengontrol kadar gula darah. Ubi jalar bisa dipanggang, direbus, atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

4. Beras Merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: