Jelang Idul Adha, Segini Harga Sawit di Sanga Desa

Jelang Idul Adha, Segini Harga Sawit di Sanga Desa

Buah sawit di Sanga Desa--

HARIANMUBA.COM,- Jelang Idul Adha, Segini Harga Sawit di Sanga Desa

Beberapa hari jelang lebaran idul adha atau  pekan kedua bulan Juni 2024 harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit terpantau masih stabil. 

Meski sedikit mengalami penurunan dibandingkan harga di bulan lalu, namun harga TBS masih tetap berada di atas harga normal.

Pantauan wartawan koran ini di beberapa pengepul Kelapa Sawit Selasa 11 Juni 2024 harga TBS Kelapa Sawit saat ini berada di angka Rp 1.840 perkilogram. 

BACA JUGA:Lobang di Jembatan Duplikasi Sungai Lilin, Bahayakan Pengguna Motor, Bikin Susah Kendaraan Roda 4

BACA JUGA:Menyedihkan, Besi Pagar Pengaman Jembatan Raib Diduga Dicuri

Harga tersebut lebih rendah Rp 10 dibandingkan pada akhir September lalu.

“Minggu ini harga kelapa sawit sedkit mengalami penurunan, namun tidak terlalu signifikan. Harga minggu ini adalah Rp 1.840 perkilogram, sedangkan minggu lalu itu berada di angka Rp 1.850 perkilogram," ungkap Edi pengepul Kelapa Sawit warga Desa Ngunang.

Ia mengatakan bahwa penurunan harga TBS ini memang lumrah terjadi seiring meningkatnya produksi Kelapa Sawit dari kebun milik masyarakat.

“Kalau bulan lalu produktifitas Kelapa Sawit masyarakat itu terbilang cukup rendah, karena sedang masa trek buah. Tapi awal bulan ini mulai terjadi peningkatan produksi, sehingga jumlah buah yang masuk ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) itu juga meningkat dan berpengaruh terhadap harga beli,” ujarnya.

BACA JUGA:Desain Mirip Iphone, Ini Spesifikasi Realme C63

BACA JUGA:Gunakan Air Rebusan Daun Salam, Ini Efektif Mengatasi Asam Urat yang Tinggi

Sementara itu Komar (49) warga Kelurahan Ngulak I berharap harga TBS Kelapa Sawit bisa terus stabil di harga Rp 1.800 perkilogram.

“Mudah-mudahan sampai akhir tahun nanti harga Kelapa Sawit tetap berada di harga Rp 1.800 perkilogram, bahkan kalau bisa naik lagi. Sebab dengan harga ini kami para petani sawit bisa sedikit diuntungkan di tengah kondisi ekonomi yang serba sulit terutama menjelang Hari Raya Idul Adha,” tuturnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: