Tempat Sakral di Indonesia yang Sering Digunakan Masyarakat Jawa untuk Ritual Malam Satu Suro

Tempat Sakral di Indonesia yang Sering Digunakan Masyarakat Jawa untuk Ritual Malam Satu Suro

Tempat Sakral di Indonesia yang Sering Digunakan Masyarakat Jawa untuk Ritual Malam Satu Suro--

3. Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah salah satu tempat yang dianggap suci dan sering dikunjungi pada malam Satu Suro. Banyak peziarah yang mendaki gunung ini untuk melakukan ritual dan bermeditasi.

BACA JUGA:Beli iPhone dengan Garansi Internasional atau Eks Inter, Ini Resiko yang Harus Kamu Hadapi

Mereka percaya bahwa mendaki Gunung Lawu pada malam Satu Suro akan memberikan berkah dan keselamatan.

Selain itu, beberapa masyarakat juga mengunjungi puncak Hargo Dalem dan Hargo Dumilah, yang merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu, untuk berdoa dan memohon restu kepada Sang Pencipta.

4. Candi Sukuh

Candi Sukuh, yang terletak di lereng Gunung Lawu, juga menjadi tempat sakral yang sering dikunjungi pada malam Satu Suro. Candi ini dikenal dengan arsitekturnya yang unik dan berbau mistik.

Pada malam Satu Suro, banyak orang datang ke candi ini untuk melakukan ritual pembersihan diri dan memohon keselamatan. Mereka biasanya membawa sesaji dan melakukan meditasi di sekitar candi.

BACA JUGA:Hasil Riset Asal Usul Kecerdasan Anak, Turun Dari Ibu Atau Bapak

5. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo di Yogyakarta juga menjadi tempat yang ramai dikunjungi pada malam Satu Suro. Pantai ini dianggap memiliki kekuatan spiritual dan sering dijadikan tempat untuk melakukan ritual pembersihan diri atau labuhan. 

Masyarakat membawa berbagai sesaji yang kemudian dilarung ke laut sebagai simbol membuang segala kesialan dan memohon berkah serta keselamatan.

6. Gunung Merapi

Gunung Merapi, yang dianggap sebagai salah satu gunung paling sakral di Jawa, juga menjadi tujuan banyak orang pada malam Satu Suro.

Peziarah dan spiritualis mendaki gunung ini untuk melakukan meditasi dan doa. Mereka percaya bahwa energi spiritual di Gunung Merapi sangat kuat dan dapat memberikan ketenangan serta perlindungan dari segala marabahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: