Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Maag Kronis

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Maag Kronis

Ilustrasi penderita maag kronis --

HARIANMUBA.COM- Penyakit maag kronis adalah kondisi peradangan pada lapisan lambung yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Gejala seperti nyeri perut, mual, perut kembung, hingga gangguan pencernaan sering dirasakan oleh penderitanya.

Agar gejala maag kronis tidak semakin parah, sangat penting untuk memperhatikan pola makan dan memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang direkomendasikan untuk penderita maag kronis:

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang baik untuk penderita maag. Kandungan serat serta senyawa antasida alami dalam pisang dapat membantu melapisi dinding lambung dan mengurangi produksi asam lambung berlebih. Pisang juga mudah dicerna sehingga tidak akan memperburuk gejala maag.

BACA JUGA:Heboh di Muba, Catut Nama Jaksa Minta Uang ke Kades Rp 3 Juta Rupiah, Kasi Pidum Tegaskan Itu Penipuan

2. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber serat larut yang baik untuk kesehatan pencernaan. Konsumsi oatmeal dapat membantu menetralkan asam lambung dan memperlambat proses pencernaan, yang pada gilirannya bisa mencegah terjadinya refluks asam. Selain itu, oatmeal juga rendah lemak dan tidak mengiritasi lambung.

3. Ikan Berlemak Rendah

Ikan seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi. Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung dan mengurangi risiko iritasi. Namun, hindari pengolahan dengan cara digoreng, sebaiknya pilih cara mengolah dengan dikukus atau dipanggang.

4. Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kangkung mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan lambung. Sayuran ini juga rendah asam sehingga tidak akan merangsang produksi asam lambung berlebihan. Namun, sebaiknya sayuran dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar lebih mudah dicerna.

BACA JUGA:Irjen Pol Andi Rian R Djajadi Kapolda Sumsel, Berikut Riwayat Jabatannya

5. Jahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: