12 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

12 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Ilustrasi Sperma Pria--

HARIANMUBA.COM- Kualitas sperma yang baik sangat penting untuk kesehatan reproduksi pria dan kesuburan. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan Kualitas sperma adalah dengan memperbaiki pola makan.

Beberapa jenis makanan diketahui dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas, serta kualitas sperma secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pria:

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel kaya akan asam lemak omega-3, yang memiliki peran penting dalam meningkatkan motilitas (pergerakan) sperma. Omega-3 juga dapat membantu memperbaiki struktur sperma, sehingga membuatnya lebih sehat dan meningkatkan peluang pembuahan.

BACA JUGA:Digitalisasi Keuangan, UMKM Sumsel Didorong Gunakan Platform Digital di DIGNATION 2024

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang Brazil, dan biji chia kaya akan vitamin E, zinc, dan selenium. Zinc adalah mineral yang sangat penting dalam produksi sperma yang sehat, sementara selenium dapat membantu meningkatkan motilitas sperma dan mengurangi risiko kerusakan sperma akibat radikal bebas.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale kaya akan asam folat, yang berfungsi dalam pembentukan DNA sperma yang sehat. Asupan asam folat yang cukup dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kelainan kromosom pada sperma.

4. Buah-buahan Citrus

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, dan grapefruit kaya akan vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan. Vitamin C membantu melindungi sperma dari kerusakan oksidatif yang dapat menurunkan kualitas sperma. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi cukup vitamin C memiliki sperma dengan kualitas yang lebih baik.

BACA JUGA:Pj Gubernur Dorong Para Kepala Daerah Se-Sumsel Tingkatan Kemampuan Para Guru Dengan Metode Pembelajaran Gasin

5. Bawang Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: