Ternyata Kopi Buatan Sendiri Lebih Nikmat dari Buatan di Kafe

Ternyata Kopi Buatan Sendiri Lebih Nikmat dari Buatan di Kafe

--

Ternyata Kopi Buatan Sendiri Lebih Nikmat dari Buatan di Kafe 

SEKAYU, HARIANMUBA.COM - KOPI menjadi minuman dan kebiasaan keseharian dari sebagian orang. Namun ternyata kopi buatan sendiri yang lebih enak dari pada menikmati kopi di suatu tempat tongkrongan. 

Intinya jika ingin manis atau pahit, dingin atau panas, selalu ada rasa yang lebih spesial ketika menikmati kopi di kafe ketimbang di rumah.

Namun, bukan cuma karena buatan barista lebih enak, ada faktor lain yang menentukan kenikmatan kopi.

Mengutip Eating Well, dijelaskan oleh ahli kopi sekaligus co-founder Verve Coffee Roasters, Colby Barr, penyebab rasa kopi kafe lebih enak dari bikinan sendiri di rumah setidaknya dikarenakan beberapa faktor, di antaranya:

BACA JUGA:Bangga ! Bank Mandiri Salurkan Bonus Atlet dan Pelatih ASEAN Para Games 2023

Kafe merupakan industri kompetitif. Karenanya, kafe memakai kopi berkualitas tinggi agar bisa menonjol dari yang lain. Survei dari National Coffee Association mendapati orang-orang akan jatuh cinta pada kopi dengan kualitas tinggi.

“Ada banyak pemanggang bagus di seluruh negeri, menyajikan kopi spesial dengan rasa unik. Jadi, untuk menonjol, kualitas kopi harus bersinar di atas yang lain,” kata Barr. “Penting mengambil kopi dari produsen yang mengutamakan kualitas," tambahnya.

Mengandalkan Ahli 

Ahli kopi juga jadi kunci kopi kafe lebih enak dari bikinan sendiri. Sebab, setiap langkah—dari masih biji berwarna hijau sebelum dipanggang hingga jadi secangkir kopi—akan diawasi oleh ahli kopi tersebut.

BACA JUGA:Indonesia Land Rover United Jelajahi Wisata Alam Pagaralam, Gubernur Sangat Mendukung

Jadi, punya biji berkualitas, tetapi baristanya tak terlatih dengan baik serta kurang memiliki pengetahuan tentang kopi, tidak akan berarti banyak. Karenanya, barista yang bagus layak untuk diandalkan dan tentu bisa bikin kopi lebih enak dari orang biasa.

Menjaga kebersihan peralatan sama pentingnya dengan punya biji kopi berkualitas. Dalam hal ini, kafe dan barista sangat peduli dengan kebersihan peralatan yang mereka gunakan untuk membuat kopi

"Dedikasi untuk menjaga dan merawat peralatan dengan benar adalah yang membuat pemanggang kopi menonjol. Merawat tak hanya bikin mesin awet, tetapi juga meningkatkan kualitas kopi," ujar Barr.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: