Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Obati Diabetes Hingga Tingkatkan Gairah Seksual

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Obati Diabetes Hingga Tingkatkan Gairah Seksual

Daun Kelor. Foto: Ricardo. Jpnn.com--

HARIANMUBA.COM - Daun kelor atau Moringa oleifera, selain memberikan kelezatan pada hidangan, juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan memang dipengaruhi oleh nutrisi yang terkandung di dalmmnya.

Selain antioksidan, daun kelor juga mengandung vitamin dan mineral, antara lain Vitamin B6, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin A, zat besi, dan Magnesium.

Tidak hanya itu, satu mangkuk daun kelor (sekitar 21 gram) mengandung protein nabati, sebanyak 2 gram. Kita bisa mendapatkan manfaatnya dengan membuat daun kelor menjadi jamu, teh herbal, hingga suplemen. Ada pula yang menjadikannya bahan masakan.Berikut beberapa manfaatnya:

BACA JUGA:Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil, Penuhi 11 Nutrisi Penting dengan Pilihan Makanan yang Bergizi

1. Menangkal Radikal Bebas:

   Daun kelor mengandung antioksidan tinggi yang membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko stres oksidatif, dan mencegah penyakit jantung serta diabetes tipe 2.

2. Menurunkan Gula Darah:

   Kandungan daun kelor dapat meningkatkan efektivitas insulin, membantu menurunkan kadar gula darah. Meski perlu penelitian lebih lanjut, potensi manfaat ini menjanjikan.

3. Antiinflamasi Alami:

   Isothiocyanate dalam daun kelor dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh, yang terkait dengan sejumlah masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak dan Mata:

   Kandungan kalium dalam daun kelor membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan otak. Antioksidan juga membantu mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer.

BACA JUGA:Melihat Keunikan Rest Area Hertage, Pabrik Gula Belanda Disulap Jadi Rest Area Tol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: