Bakar dan Lempar Lemang, Tradisi Turun Temurun di Kabupaten Muba yang Masih Terjaga Hingga Saat Ini

Bakar dan Lempar Lemang, Tradisi Turun Temurun di Kabupaten Muba yang Masih Terjaga Hingga Saat Ini

PJ Bupati saat melempar lemang dalam acara sedekah tami, tradisi turun temurun yang masih dilakukan di Desa Kartayu Kecamatan Sungai Keruh--


Ratusan warga yang ikut dalam tradisi sedekah bumi--

Ia menceritakan, sedekah bumi identik dengan lemang makanan khas terbuat dari ketan yang dibakar menggunakan bambu.  

BACA JUGA:Pasti Disukai Kaum Hawa, 8 Herbal Ini Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

BACA JUGA:Polsek Sanga Desa Bagikan Puluhan Paket Sembako ke Warga Kurang Mampu

"Rasanya ada yang masin dan ada juga yang manis, tadi pak Bupati Apriyadi bersama istri Ibu Asna Aini yang membagikan langsung ke masyarakat, dengan cara dilempar," ucapnya.  

Salah satu warga, Ratna Juwita mengatakan kehadiran PJ Bupati Muba Apriyadi Mahmud beserta Ketua TP PKK Muba membuat tradisi unik Sedekah Rami di Kertayu semarak dan meriah.  

"Pak Bupati Apriyadi tahun lalu juga hadir langsung kesini saat Sedekah Bumi, tahun ini juga datang lagi, beliau sangat menjaga dan menghormati tradisi warga di Muba ini," tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud menyebutkan, tradisi Sedekah Bumi dengan membagikan Lemang tersebut harus terus dijaga dan dilestarikan. 

BACA JUGA:Lulusan PPPK Muba Masih Banyak Serbu Polres Muba, Rela Antri Untuk Pembuatan SKCK

BACA JUGA:Kabar Gembira, Tahun 2024 Pemerintah Lanjutkan Penyaluran KUR

"Supaya anak cucu tetap menjaga tradisi ini, jangan sampai luntur. Apalagi ini sudah turun temurun dilaksanakan," ujarnya.  

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba ini juga menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi warga Kertayu yang hingga saat ini mampu menjaga tradisi kearifan lokal.  

"Terlebih ini salah satu bentuk wujud syukur kepada Yang Maha Kuasa atas keberhasilan panen pertanian warga dan berharap agar selalu terhindar dari musibah dan bencana," pungkasnya. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: