Jangan Abaikan Sarapan atau Makan Siang, Bisa Picu Diabetes dan Darah Tinggi, Bahkan Terserang Maag

Jangan Abaikan Sarapan atau Makan Siang, Bisa Picu Diabetes dan Darah Tinggi, Bahkan Terserang Maag

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM - Pola makan yang seimbang dan teratur akan berdampak baik dengan kesehatan. Tetapi Pola makan yang tidak teratur, apalagi sampai mengabaikan salah satu waktu makan akan berakibat buruk. 

Misalnya mengabaikan sarapan atau melewatkan waktu makan siang bisa berdampak pada peluang terjangkitnya penyakit diabetes tipe 2 dan darah tinggi. Juga bisa mengakibatkan serangan maag atau gastritis.

Kok bisa? Tentu ketika kamu mengabaikan sarapan, maka metabolisme tubuh akan turun. Sehingga tubuh akan kekurangan energi, akibatnya kamu akan kehilangan fokus.

Saat sarapan, yang akan dikonsumsi sebagian adalah karbohidrat. Karbohodrat ini sebagian akan diolah menjadi glukosa, sehingga akan terjadi peningkatan atau penambahan glukosa dalam darah. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca, Hampir Seluruh Wilayah Sumsel Diperkirakan Bakal Hujan Hari ini

BACA JUGA:Generasi Muda Wajib Tau, Inilah Salah Satu Jembatan Tertua di Kabupaten Muba, Salah Satu Bukti Sejarah

Keberadaan glukosa dalam darah akan membuat pankreas melepaskan hormon insulin, yang berfungsi agar glukosa masuk ke dalam sel tubuh. Glukosa ini kemudian diolah menjadi energi. 

Melewatkan sarapan berarti tidak akan terbentuk glukosa, akibatnya pankreas tidak memproduksi insulin. Ketika kamu makan siang atau makan malam pankreas akan membentuk insulin dalam jumlah yang banyak. 

Ini akan mempengaruhi kadar gula dalam darah, akibatnya bisa terjadi obasitas. Bila proses ini terjadi jangka panjang, kemungkinan kamu bisa terserang diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi. 

Kebiasaan lainnya adalah makan di saat stres atau mengabaikan waktu makan. Ada sebagian orang memilih mengalihkan stresnya dengan makan. Di sini keinginan makan bukan karena lapar, tetapi karen ingin menenangkan diri. 

BACA JUGA:Sempat Dikabarkan Mengarah Ke Muba, Begini Nasib Driver Taksi Online Kota Jambi yang Dilaporkan Hilang

BACA JUGA:Arus Balik di Jalinteng Sanga Desa, Banyak Dilintasi Pemudik Gunakan Motor

Seringkali orang yang stres tidak memperdulikan apa yang dimakan, kadang tinggi kalori atau tinggi karbohidrat.

Sehingga menyebabkan masalah pada berat badan dan pada akhirnya juga akan mengarah pada diabetes dan hipertensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: