5 Obat Herbal Alami untuk Penderita Diabetes yang Terbukti Ampuh

5 Obat Herbal Alami untuk Penderita Diabetes yang Terbukti Ampuh

Obat Herbal Alami untuk Penderita Diabetes yang Terbukti Ampuh--

3. Fenugreek (Biji Kelabat)

Fenugreek atau biji kelabat merupakan rempah yang kaya akan serat dan senyawa aktif seperti galactomannan.

Senyawa ini diketahui dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan menghambat penyerapan glukosa di usus. 

Penderita diabetes dapat mengonsumsi biji kelabat dalam bentuk biji utuh, bubuk, atau suplemen.

4. Gymnema Sylvestre

Gymnema sylvestre adalah tumbuhan yang berasal dari India dan telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengatur kadar gula darah.

Daun gymnema mengandung senyawa aktif seperti gymnemic acid yang dapat meningkatkan produksi insulin dan mengurangi penyerapan gula dari makanan.

Penderita diabetes dapat mengonsumsi suplemen gymnema sylvestre dengan dosis yang disarankan oleh ahli.

BACA JUGA:Hari Ini KPU Muba Mulai Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi, Polres Muba Lakukan Penebalan Pengamanan

5. Aloe Vera

Aloe vera telah dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengatur kadar gula darah. Senyawa aktif dalam aloe vera, seperti glucomannan, diketahui memiliki efek menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Penderita diabetes dapat mengonsumsi jus aloe vera secara teratur atau menggunakan gel aloe vera sebagai tambahan dalam makanan atau minuman.

Meskipun obat herbal alami tersebut dapat membantu mengontrol kadar gula darah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu sebelum menggunakannya, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selain itu, penggunaan obat herbal alami harus disertai dengan pola makan sehat dan gaya hidup aktif untuk mencapai pengelolaan diabetes yang optimal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: