Anda Perlu Tahu! Tanda-tanda Penyakit Diabetes yang Muncul pada Kulit

Anda Perlu Tahu! Tanda-tanda Penyakit Diabetes yang Muncul pada Kulit

Bintik hitam pada kulit menjadi salah satu tanda penderita diabetes --

5. Xanthoma

Penderita diabetes dengan kadar trigliserida yang tinggi bisa mengalami kondisi yang disebut xanthoma, yaitu munculnya benjolan kecil berwarna kekuningan di lutut, siku, tangan, atau kaki. Benjolan ini biasanya tidak terasa sakit, namun dapat menandakan kadar lipid yang tinggi dalam darah akibat diabetes.

6. Xanthelasma

Ini adalah salah satu tanda yang sering terlihat pada kulit penderita diabetes. Xanthelasma ditandai dengan adanya benjolan kekuningan di sekitar kelopak mata. Kondisi ini disebabkan oleh kadar lemak yang tinggi dalam darah, terutama kolesterol.

BACA JUGA:Ingin Membeli Emas Untuk Investasi, Coba Terapkan 6 Tips Penting Ini

7. Vitiligo

Pada penderita diabetes tipe 1, vitiligo dapat terjadi akibat gangguan autoimun. Vitiligo ditandai dengan hilangnya warna kulit pada area tertentu, seperti wajah, perut, atau dada. Bercak ini disebabkan oleh rusaknya sel penghasil pigmen kulit, yaitu melanin.

8. Gangrene

Ini adalah komplikasi serius yang terjadi ketika jaringan tubuh mati akibat kurangnya pasokan darah, biasanya di jari kaki. Gangrene ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi ungu, cokelat, atau hitam, disertai bengkak dan bau tidak sedap. Kondisi ini membutuhkan penanganan medis segera.

9. Necrobiosis Lipoidica

Kondisi ini muncul sebagai bercak kulit yang berwarna merah, kuning, atau cokelat dengan tekstur kulit yang lebih tipis dan halus. Necrobiosis lipoidica umumnya terjadi pada kaki bagian bawah dan bisa terasa nyeri atau gatal. Kondisi ini berkaitan erat dengan diabetes dan bisa menjadi tanda bahwa penyakit sedang tidak terkontrol.

BACA JUGA:Lestarikan Ekosistem Sungai, Program 'MAPAN MUBA' untuk Kesejahteraan Nelayan

Pencegahan dan Perawatan Kulit pada Penderita Diabetes

Untuk mencegah komplikasi kulit akibat diabetes, beberapa langkah perawatan bisa dilakukan, di antaranya:

- Mengontrol kadar gula darah agar tetap dalam batas normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: