Yuk! Intip Lebih Jauh Mengenai Ikan Salai, Sejarah - Cara Pembuatannya..

Yuk! Intip Lebih Jauh Mengenai Ikan Salai, Sejarah - Cara Pembuatannya..

Penjual ikan salai--

Untuk ikannya sendiri bisa bermacam-macam. Bisa ikan tongkol, tengiri, maupun bandeng. Nah, tapi khusus di kawasan Sumatera Selatan, ikan yang biasanya diasapi adalah ikan patin.

 

Pengasapan ini diklaim mampu memberikan keawetan pada ikan. Yang terpenting, ikan ini lebih sehat lantaran tidak dikerumuni bakteri. Hasilnya, ikan tetap berada dalam keadaan kering dan tidak mudah membusuk.

BACA JUGA:Yok Merawat Jantung Kita, Coba dengan Minuman ini

Supaya ikan bisa terasapi dengan baik, pembuatnya perlu memilih kayu yang pas. Kayu terbaik untuk pengasapan ikan adalah kayu yang keras. Kemudian memiliki kandungan phenol dan asam tinggi agar unsur tersebut melekat pada ikan dan membuatnya awet serta bercita rasa.

 

Kelebihan dan Kekurangan Ikan Salai

 

Kelebihan Ikan Salai

 

Kelebihan utamanya tentu saja pada awetnya ikan. Ikan bisa bertahan sampai berminggu-minggu, namun tetap boleh dikonsumsi.

 

Kelebihan lainnya adalah pembuatnya bisa menambahkan rasa yang diinginkan. Kemudian tekstur lembut yang diharapkan bisa didapatkan dengan mudah. Malahan, warna ikan menjadi lebih mencolok sehingga membuat Anda ingin mencobanya.

 

Kekurangan Ikan Salai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: